Sabtu, 21 Oktober 2017

KUBURAN DAGANG PIAMAN DI BENGKULU

Masyarakat perantau Pariaman di Kota Bengkulu, sudah sejak lama memiliki lahan sendiri untuk pemakaman. Lokasinya berada di salah satu sisi jalan Lintas Pantai Barat, Bengkulu-Padang.




Ini kali kedua mengunjungi pekuburan yang terletak di Pasa Pedati, Bengkulu. Dulunya mungkin terasa jauh dari pusat Kota Bengkulu. Baik kondisi jalan maupun sekitarnya belum ramai berdiri bangunan dan penduduknya.

Pertamakali mendatangi tempat ini ketika tahun 2013. Ada sekitar 30 meter dari pinggir jalan raya Bengkulu-Padang. Akses jalan masuk adalah jalan tanah. Terletak di belakang barisan bangunan yang berada tepat disisi jalan raya.




Terlihat sudah ada sejumlah makam yang mengisi Pemakaman Kongsi Kematian Dagang (KKD) Pariaman Bengkulu ini. Kondisinya cukup baik. Tidak dibiarkan bersemakbelukar.

Di tahun 2017 ini saat berkunjung ke Bengkulu, akses jalan sudah sangat baik. Lalulintas seputar arah pinggir pusat kotapun mulai ramai. Termasuk kawasan Pasa Pedati mendapat imbas dari aktifitas pusat kota. Sehingga lokasi kuburan dagang, dirasakan tidak terlalu jauh dari pusat kota.




Tanah pekuburan ini merupakan tanda adanya persatuan kekeluargaan oleh pedagang perantau Pariaman, yang kini sudah berketurunan di Bengkulu. Bagi orang Pariaman persatuan ini biasanya disebut dengan kongsi.

Areal tanah pekuburan ini cukup luas. Memanjang dari arah jalan raya ke arah pantai Bengkulu, merupakan daerah pesisiran menghadap Samudera Hindia (*) copyright: abrar khairul ikhirma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar