Selasa, 10 Oktober 2017

"BATEQ" ASMIRA SUHADIS

Tidak banyak buku-buku yang ditulis dan diterbitkan perihal “suku terasing” atau mereka yang hidup turun temurun di daerah pedalaman. Jauh dari fasilitas yang dimiliki kehidupan perkotaan atau pun seperti kehidupan masyarakat di daerah yang mudah diakses atau pun mengakses ke dunia luar.




Di Malaysia, masyarakat yang umumnya hidup di pedalaman atau dalam hutan belantara ini dikenal sebagai “orang asli” atau “masyarakat pribumi.”

Di semenanjung Malaysia tercatat ada 18 suku kaum Orang Asli yang terdiri dari 3 kumpulan utama yakni Negrito, Melayu Proto dan Sanoi.

Asmira Suhadis, seorang penggiat penulis bebas berbagai genre kepenulisan, kelahiran Sijangkang, 18 Mei 1961, Selangor, Malaysia, menulis buku, “Aku Budak Bateq.” Sebuah buku yang menawarkan informasi kehidupan masyarakat pedalaman dan mengandung nilai edukatif.

Suku Bateq adalah suku tergolong dari kumpulan Negrito. Masyarakat pribumi kaum Bateq, umumnya bermukim di pinggiran sungai khususnya di negeri Pahang, Terengganu dan Kelantan.

Naluri Asmira menulis buku ini, tentu terdorong karena penulis pernah bekerja sebagai wartawan di penerbitan majalah dan tabloid.

Baik cover maupun isi dicetak di atas kertas lux, berisikan gambar dan teks. Buku yang hanya 24 halaman ini, setidaknya memberikan suatu gambaran terhadap kehidupan Orang Asli di pedalaman Malaysia.

Dengan penyajian penulisan dan gambar fullcolor, tampaknya buku ini sesuai sebagai bahan bacaan kalangan pelajar atau generasi muda. Karena dengan tata bentuk yang ditampilkan buku ini, dapat menjadi daya tarik mereka untuk mengenali kekayaan budaya setempat.

Buku “Aku Budak Bateq” ini “dihadiahkan” penulisnya sendiri Asmira Suhadis, berjumpa saat sama-sama menghadiri, “Seminar Internasional Sastera Melayu Islam 2017” di Masjid Abdul Rahman bin Auf Kuala Lumpur. Merupakan pertemuan kedua dengan penulis wanita Malaysia ini. Pertemuan pertama pada tahun 2014 ketika sama mengikuti kegiatan Numera Malaysia bertajuk, “Anugerah Puisi Dunia Numera 2014.” (*) copyright: abrar khairul ikhirma




Judul buku: Aku Budak Bateq
Penulis: Asmira Suhadis
Pelukis: Sarah Joane Bromley
Jurugambar/Inspirasi: DigitalDome
Artis Grafik: Noorzini Rina Zakaria
Editor: Hasnah Ahmad
Isi: 24 halaman
Cetakan Pertama: November 2013
Penerbit:  Twin Publications and Distributors, Kuala Lumpur
ISBN 978-967-5583-15-5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar