Sabtu, 07 Oktober 2017

ANTOLOGI PUISI & KERTAS KERJA: SASTERA MELAYU ISLAM

Satu lagi bertambah literature sastra nusantara. Sebuah buku yang dilahirkan dengan adanya “Seminar Internasional Sastera Melayu Islam 2017,” menambah memperkaya kajian masyarakat sastra terhadap kesastraan Melayu.




Buku setebal 376 halaman ini, memakai bahan kertas HVS, merupakan terdiri dari 2 himpunan. Bahagian pertama Himpunan Puisi yang disebutkan sebagai Antologi Puisi. Bahagian kedua, himpunan kertas kerja yang ditulis untuk dibentangkan oleh pembentang pada forum seminar yang diselenggarakan Persatuan Sasterawan Melayu Nusantara Raya (Numera) Malaysia dan Masjid Abdul Rahman bin Auf, Kuala Lumpur.

Dalam kata “Pengantar Antologi SISMI: Dari Aksara, Muncul Bayi, Puisi dan Cinta,” pada halaman 2-3 yang ditulis, SN Dato’ Dr. Ahmad Khamal Abdullah, dapat dikutipkan, “Apabila kau lahir di Nusantara Melayu Raya ini, kau penyair Melayu yang sudah membuat pengakuan kepada syahadahmu yang suci, pengakuan dan Sumpah Abadi, kalian membawa Cinta Allah dan Rasulullah, kalian membawa Kitabmu, kalian ditegur para malaikat di Malam Laylatulqadr, kalian menerima qada’ dan qadr. Sebagai penyair Melayu-Islami persuratan anda dibuai oleh syair-syair yang membawa Cinta yang Agung itu. Hamzah Fansuri atau Raja Ali Haji, tertekur oleh kerlap dan kocakan kalbu yang menimba NurulLah. Tak mungkin ditumangkan sumpah dan ikrar Syahadah itu.”

Pada awal rancang penerbitan Antologi Puisi ini, ada banyak sambutan dari para penyair di nusantara. Ramai yang berkeinginan untuk turut serta. Tetapi pada akhirnya inilah nama-nama Penyair yang termuat dalam buku ini:

ILYA KABLAM – RAHMAT ALI – KARTINI AYU WAHYUNINGSIH – SIAMIR MARULAFAU – WIDODO ABIDARDA – NUYANG JAIMEE – HUSNU ABADI – MUHAMMAD HASAN PRATAMA SIREGAR – MUHAMMAD IQBAL ALFAHRI – DIL FROZJAN – FAZILAH HUSIN – DATUK DR MOHD NASHUHA BIN JAMIDIN – MAZLAN NOOR – ANWAR PUTRA BAYU – KEDUNG DARMA ROMANSHA – IWAN DARTHA – IRWAN ABU BAKAR – AMINUR RAHMAN – DR RAJA RAJESWARI SEETHA RAMAN – IBERAMSYAH BARBARY – AHMAD MD TAHIR – NORAZIMAH ABU BAKAR – SITI ZAINON ISMAIL – MORSIDI M.H.

Pada bahagian kedua buku yang sama, termuat kertas kerja para pembentang kertas kerja di Seminar Internasional Sastera Melayu Islam, yang berlangsung pada 28-30 September 2017 di Dewan Al-Ghazali Masjid Abdul Rahman bin Auf, Kuala Lumpur.

Baik pembentang kertas kerja, penyair dan peserta seminar, berasal dari Malaysia, Indonesia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam dan Bangladesh. Para pembentang kertas kerja adalah nama-nama yang selama ini tidaklah wajah baru. Mereka sudah memiliki kapasitas masing-masing di daerah, di lembaga dan kesasteraan selama ini.

Ada 11 Kertas kerja yang berhasil dibentangkan pada forum seminar dan dimuatkan ke dalam buku ini. Kertas kerja tersebut antara lain:

AHMAD TAUFIQ, Universitas Jember, Indonesia, berjudul, “Dimensi Ketuhanan dalam Puisi Rangga Warsita dan Chairil Anwar.” (124-143)

IBERAMSYAH BARBARY, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia, berjudul, “Motivasi Kreatif Penulisan Gurindam.” (144-153)

IBERAMSYAH BARBARY, Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Indonesia, berjudul, “Sebuah Pengalaman Proses Menulis Gurindam” (154-163)

DODO WIDARDA, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati, Bandung, Indonesia, berjudul, “Novel Jalan Terbuka Ali Audah, Sebuah Pendekatan Filsafat Islam.” (165-204)

HUDAN HIDAYAT, Jakarta, Indonesia, berjudul, “Sastra Melayu Islam dalam Naungan Al-Quran.” (205-215)

DR PHAOSAN JEHWAE, University Fatoni, Patani, Thailand Selatan, berjudul, “Perjalanan Sastra Melayu di Patani Selatan Thai.” (216-227)

SURATMAN MARKASAN, Singapura, berjudul, “Perkembangan Kesusasteraan Islam di Singapura Dewasa Ini dan Hubungannya dengan Dunia Islam.” (228-256)

NORHAYATI AB. RAHMAN, University Malaya, Malaysia, berjudul, “Gagasan Negara Islam dalam Baldatun Thoyyibatun Warabbun Ghafuur dari Perspektif Sastera Islam.” (257-285)

AHMAD MD THAHIR, Singapura, berjudul, “Pertumbuhan dan Perkembangan Sastera Melayu Islam di Singapura.” (286-298)

DRA LILY SITI MULTATULIANA, M.S, berjudul, “Analisis dengan Pendekatan Psikologi Sosial dan Nilai Relegious dalam Cerpen Masjid karya Kemala dan Robohnya Surau Kami karya A.A.Navis.” (299-306)

DR HAJI MORSIDI HAJI MUHAMAD, Brunei Darussalam, berjudul, “Puisi Islam di Brunei Darussalam Satu Pembicaraan.” (307-355)

FAZILAH HUSIN, Universiti Putra Malaysia, berjudul, “Islam dalam Drama dan Teater Melayu.” (356-376)

Antologi Puisi dan Kertas Kerja yang terhimpun dalam buku ini penting sebagai bahan rujukan kepada sastra Melayu. Kualitas buku, baik cetak, tata layout, size buku, kertas dan cover sangat baik secara penerbitan buku.  

Sayang sekali namaku sebagai perancang cover buku ini tidak dicantumkan dalam buku ini. Buku dibagikan kepada semua peserta seminar dan sejumlah undangan penting (*) copyright: abrar khairul ikhirma

Judul buku: Seminar Internasional Sastera Melayu Islam: Antologi Puisi & Kertas Kerja
Penyelenggara: Kemala & Ilya Kablam
Penerbit: Esastera Enterprise, Kuala Lumpur, Malaysia
Cetakan: Pertama
Tahun: September 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar