Selasa, 15 Agustus 2017

MASJID AL-HASYIM MALABRO

Masjid Al-Hasyim salah satu masjid yang berada tidak jauh dari kawasan benteng peninggalan Inggris, Fort Marlborough. Tepatnya berada di depan Pasar Pantai Malabro, pasar yang dikenal dengan aktifitas pagi hari di Kota Bengkulu.




Selama berada di Kota Bengkulu,  setiap hari aku mendatangi masjid ini untuk bersholat Ashar dan Maghrib. Karena lokasi masjid hanya lebih kurang berjarak 100 meter dari rumah tempatku menginap di Malabro, kecamatan Teluk Segara.

Malabro selain kawasan pasar, di masa lalu adalah bahagian dari kawasan pecinan yang berdampingan dengan Benteng Marlborough. Kemudian setelah lapis pemukiman pecinan yang ditandai dengan jejeran bangunan-bangunan pertokoan, bangunan lama sisa masa lampau Kota Bengkulu, arah selatannya penuh dengan rumah-rumah penduduk yang padat.

Masjid Al Hasyim kini sudah bangunan baru. Pembangunannya masih terus berjalan. Kini dalam tahap finishing. Bangunannya sangat strategis sebagai sarana ibadah bagi masyarakat setempat, termasuk bagi pedagang dan pengunjung Pasar Pantai di seberang jalannya.

Dari sisi kanan masjid, terdapat sebuah gang kecil, sebagai jalan penghubung ke jalan pinggir pantai. Dimana kawasan Pantai Malabro adalah kawasan teluk, tempat calang ---perahu--- nelayan berlabuh.

Pada hari Jum’at pekan pertama berada di Kota Bengkulu, aku bersholat Jum’at di Masjid Al Hasyim Malabro ini. Pembaca khotbah Jum’at naik ke mimbar memegang tongkat sampai khotbah berakhir.


Terlihat dari luar biasa saja bangunan masjid ini. Bahagian dalamnya, meskipun belum selesai finishingnya terasa sangat luas. Apalagi pabila nanti sudah selesai interior dan fasilitas pendukung lainnya, akan lebih nyaman melaksanakan ibadah (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar