Kamis, 20 Oktober 2016

6 FOTO JEJAK BUDAYA DARI KEDAH



PERJALANAN yang dilakukan oleh hampir setiap orang ke berbagai tempat, daerah atau Negara, kini akan terasa hambar, apabila tidak memiliki hasil foto. Hasil teknologi dan perjalanan, berkait erat pada sebuah camera foto. Mengabadikan kenangan ke dalam sebentuk gambar foto. Mengingatkan akan waktu dan peristiwa. Termasuk penyampai pesan.

Begitu juga denganku, berkesempatan berkunjung Negara Jiran, Malaysia. Kesempatan memotret yang menjadi salah satu hobiku sejak lama, tidak aku sia-siakan. Meskipun hanya berbekal sebuah camera pocket 16.1 mp. Sebuah tablet dengan kemampuan hasil rekam yang terbatas.

Selama 20 hari di Malaysia, bila dibandingkan dengan hasil foto yang aku miliki, rasanya sedikit. Karena sejak awal aku sadar “suasana” hatiku untuk memotret, terganggu oleh beberapa hal, salah satunya tripod mini cameraku tak berada di dalam bagku. Hasil foto dari Perjalanan Budaya-ku saat ini, walau pun sedikit aku merasa berbahagia, meskipun foto yang kuhasilkan bukanlah sesuatu bertujuan profit tapi aku berkesempatan “menghasilkan” sesuatu, dapat kubagi pada semua orang.

Diantara hasil foto tersebut, ada 6 buah foto dengan objek di Negeri Kedah, daerah di bahagian Utara Malaysia bersifat mencoba berkarya foto. Keenam foto-foto ini, setidaknya merekam suasana, peristiwa dan penyampai pesan di balik objek yang dikemukakan. Karena bukan seorang fotografer professional, hasilnya tidak begitu berkualitas fotografies. Namun inilah karya-karyaku menjejak Kedah, salah satu negeri sudah hidup pada perjalanan sejarah yang panjang di nusantara ini.

abrar khairul ikhirma
Kedah, Malaysia
September 2016


SUDUT KOTA ALOR SETAR (2016)

DIANTARA KEHIDUPAN KOTA ALOR SETAR (2016)

BALAI SENI KEDAH, ALOR SETAR (2016)

DEPAN ISTANA ANAK BUKIT ALOR SETAR (2016)

SIANG MENUJU YAN - GURUN, KEDAH (2016)

MENUJU RUMAH KELAHIRAN MAHATHIR, ALOR SETAR (2016





Tidak ada komentar:

Posting Komentar