Kamis, 04 Mei 2017

PAGI DI INS KAYUTANAM



Entah berapa kali pagi, pernah kujumpai dalam kawasan Ruang Pendidikan INS Kayutanam, Padang Pariaman, Sumatera Barat ini. Setiap kudapati pagi, tak pernah ada yang sama. Selalu mempersembahkan suasana yang berbeda-beda.




Suatu pagi, kala penghujung bulan Maret 2017 ini, kudapati pagi yang indah, dengan senyumnya yang bening merengkah. Suasana senyap dari keriuhan manusia dan kendaraan. Sungguh nikmat pagi, cahaya mulai menerang dan udara sejuk merangkak di tubuh, menjalar memenuhi pikiran dan berhenti di hati yang penuh kedamaian.




Setiap berkunjung ke INS Kayutanam menikmati suasananya, serasa aku seperti berjumpa kembali dengan orang-orang yang pernah menjadi “tetua” di sini, almarhum sastrawan dan budayawan A.A. Navis dan almarhum Budayawan Roestam Anwar. Kedua tokoh penting INS Kayutanam ini memiliki keterhubungan pada hari-hariku di masa silam.




Secara berkala, pada satu musim, aku selalu menemani “sang babeku” Roestam Anwar mendatangi INS dari Kota Padang, ketika almarhum bergiat “mengurus” tempat beliau pernah bersekolah di masa mudanya ini. Baik A.A. Navis dan Roestam Anwar, termasuk para alumni sekolah ini yang pernah bertemu dan yang kukenal, senantiasa “berkobar” semangat dan harapannya, untuk tetap menegakkan dan meneruskan “cita-cita Engku Sjafei” terhadap pendidikan manusia dan regenerasi.




Ruang Pendidikan INS Kayutanam, terletak di kampong Palabihan, berada di pinggir jalan Padang – Bukittinggi dengan arealnya yang luas, lebih dari cukup. Merupakan tanah wakaf yang diwariskan tokoh pendidikan dan pejuang kemerdekaan, Engku Muhammad Sjafei.




Disuatu pagi ini, sebagaimana bentuk kepuasanku ialah merekamnya sebagai lukisan “kebeningan” yang dipersembahkan. Seperti juga kulakukan setiap aku menjumpai pagi di tanah wakaf ini, di waktu-waktu sebelum ini, yang sudah berlangsung dari tahun ke tahun, sejak aku mengenal arti penghormatan pada suasana, cita-cita dan kepada apa yang telah diwariskan pada generasi.

abrar khairul ikhirma
abrarkhairul2014@gmail.com



1 komentar:

  1. aslkmwrwb pak Abrar. Salam kenal. Saya tim humas SMA INS TP 2018/2019, secara resmi mohon izin share tulisan Bapak sekaligus download dan share foto2 indah INS. Kegunaan tidak lain adalah utk memberitahu dunia bahwa INS masih berkiprah meneruskan cita2 mulia engku Syafei. Trims

    BalasHapus