Jumat, 19 Mei 2017

MASJID AS-SYAKIRIN KAMPUNG SINGKIR LAUT

Hari sudah berangkat siang. Kami baru saja selesai meninggalkan beberapa kilometer perhentian pertama kami, untuk menikmati makan siang, di sebuah kedai makan pinggir jalan. Kami pun melanjutkan perjalanan yang bermula dari Sintok, Negeri Kedah, dengan tujuan ke Lembah Bujang dan Gunung Jerai.




Mengingat waktu sholat zhuhur, akhirnya perjalanan dihentikan sejenak. Kami berhenti di sebuah Masjid yang kami temui yakni Masjid As-Syakirin, yang terletak di Kampung Singkir Laut, Bedong, Negeri Kedah Darul Aman, negeri yang terletak di utara Malaysia.

Kedatangan kami yang tidak di awal waktu sholat, hingga kami tidak dapat ikut bersholat jamaah. Suasana masjid sepi. Tidak ada kegiatan yang terlihat di masjid maupun sekitarnya. Lokasi masjid terletak di tepi jalan raya yang juga tidak ramai kendaraan.

Saat kami memasuki halaman masjid, tidak seorang pun orang yang terlihat. Toilet dan tempat berwudhuk terletak di salah satu sisi masjid. Air yang tersedia tidak jernih. Namun memang hanya itulah yang ada dan dipakai, kami pun ikut menggunakannya.

Posisi lantai masjid ditinggikan dari permukaan tanah. Untuk mencapai teras masjid, kami menaiki anak tangga. Rupanya masjid dalam keadaan terkunci, sehingga kami tidak dapat bersholat dalam masjid. Kami memaklumi hal itu dapat terjadi. Sudah hal biasa ditemui di berbagai tempat yang rawan dan masjidnya tidak memiliki petugas memadai untuk terbuka sepanjang waktu. Namun hal itu tidak membuat kami merasakan kesukaran. Karena di bahagian luar masjid terbentang karpet yang bersih dan dapat melaksanakan sholat.

Udara yang panas saat perjalanan ini, membuat kami berkeringat dan mata menjadi silau. Sebelum melanjutkan perjalanan, sebagaimana kebiasaan dalam perjalanan, aku senantiasa mendokumentasikan tempat-tempat yang kusinggahi dan kulalui, termasuk dapat melaksanakan sholat di Masjid As-Syakirin, di Kampung Singkir Laut ini. (*)

abrar khairul ikhirma
singkir laut – bedong - kedah

09 september 2016

Tidak ada komentar:

Posting Komentar