Rabu, 11 Januari 2017

CREW ARTISTIK SINETRON “SALAH ASOEHAN” 1993



Mengangkat kembali karya sastra klasik dari buku karangan Abdoel Moeis, “Salah Asoehan” buku yang diterbitkan oleh Balai Pustaka, Jakarta, ke dalam bentuk sinetron ---sinema elektronik--- televisi dengan sutradara Amy Priyono, di tahun 1993. Sebelumnya pada tahun 1972, Salah Asoehan juga telah diangkat ke layar perak, difilmkan oleh Asrul Sani sebagai sutradara.




Aku merasa beruntung dapat terlibat bekerja dalam produksi sinetron ini. Menikmati dinamika kerja shooting sebagai salah seorang dari asisten peñata artistik dan dapat saling mengenal satu sama lain di lokasi selama shooting berlangsung. Baik di Sumatera Barat maupun di Jakarta.


Mat (Umum) H. Ramidi Rogodjampi, aku dan Rukidarto

Terutama kedekatan hubungan dengan seniman besar  yang menyutradarai sinetron ini, Amy Priyono. Beliau seorang yang  unik dan nyentrik. Aku dan Mas Amy sering menggunakan kesempatan untuk bercakap-cakap perihal seni dan budaya. Sebelumnya hanya sekadar kenal begitu saja sewaktu Mas Amy masih bekerja sebagai salah seorang Anggota Dewan Kesenian Jakarta (DKJ), karena aku bila di Jakarta sering “main-main” ke Taman Ismail Marzuki, Jakarta dan singgah ke DKJ untuk bertemu Abang Leon Agusta, penyair yang juga sebagai anggota dewan.


H. Ramidi Rogodjampi, Muchtar, Rukidarto dan Aku

Sejak kedekatan inilah Mas Amy Priyono memanggil namaku hanya dengan gelar yang diberikannya, “Datuk Hitam.” Selesai masa shooting, kami sering berjumpa di TIM Jakarta dan di Sanggar Gumarang Sakti-nya koreografer tari Gusmiati Suid di Depok. 

Penata Artistik: H. Ramidi Rogodjampi
Asisten : Opung Lubis, Muchtar, Rukidarto dan Aku (Arkhi/Abrar Khairul Ikhirma)


Muchtar, Mat, Rukidarto, Aku dan Opung Lubis


Lokasi shooting di Sawah Suduik - Solok, Balubuih, Suliki dan Balai Nan Duo Koto Nan Ompek - Payakumbuh dan Pasa Mudiak, Kota Padang (Sumatera Barat) dan Studio Alam TVRI Depok.
Sinema Elektronik (Sinetron) ini pada FSI 1994 (Festival Sinetron Indonesia) meraih Piala Vidia sebagai mini seri terbaik, cameramen terbaik dan peñata artistic terbaik.
Produksi: Rana Artha Mulia PT Production House – SCTV – Jakarta, 1993 (*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar