Sabtu, 01 Juli 2017

SEJARAH DI PULAU PENYENGAT

Mengunjungi suatu objek bagi mereka yang tidak sekadar berwisata, sangat memerlukan keterangan dan data-data mengenai objek, tempat dan latarbelakang sejarahnya. Karenanya begitu penting tersedianya narasumber, brosur atau pun buku panduan yang mudah didapatkan setiap orang dimana objek yang dikunjungi.




Ketika mengunjungi Pulau Penyengat, pulau yang memiliki peranan penting dalam perjalanan sejarah Melayu, keterangan sejarah secara tertulis sangat dibutuhkan. Karena pada umumnya, para pengunjung yang berdatangan dari berbagai daerah di nusantara, maupun para turis-turis asing, memerlukan panduan saat berada di pulau ini. Sehingga sangat membantu menuntun mereka mendekati dan mengenal secara langsung objek yang didatangi.

Dengan perkembangan teknologi, penyebaran informasi perihal objek Pulau Penyengat kini sudah banyak tersebar di internet. Tetapi keterangan tertulis berupa media cetak semacam brosur maupun buku tampaknya tetap diperlukan oleh setiap pengunjung.

Beruntung saat aku berkunjung ke Pulau Penyengat, pulau kecil di depan Pulau Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, yang berada di dalam kawasan Selat Melaka, kiranya di kedai kecil depan pintu pagar kompleks Makam Engku Puteri, tersedia buku sederhana yang dijual untuk pengunjung berisi keterangan mengenai Pulau Penyengat.

Semula buku ini diperbanyak hanya dengan stensilan tapi kemudian dicetak pada cetakan keduanya.

@abrar khairul ikhirma



PULAU PENYENGAT - TANJUNG PINANG


Judul Buku: Peninggalan-peninggalan Sejarah di Pulau Penyengat
Disusun oleh: R. Hamzah Yunus
Editor: Elmustian Rahman
Penerbit: Unri-Press dan Yayasan Kebudayaan Indera Sakti, Pulau Penyengat, Tanjung Pinang.
Cetakan Kedua: 2003
Jumlah halaman: 24
ISBN: 979-3297-38-7

Daftar Isi:
1.Pengantar
2.Sekelumit Sejarah Riau
3.Penjelasan Ringkas Mengenai Peninggalan-peninggalan
   Sejarah di Pulau Penyengat.
4.Susunan Sultan-Sultan (Yang Dipertuan Besar)
   Riau-Lingga, Daerah Takluknya.
5.Urutan Yang Dipertuan Muda Riau dan Daerah Takluknya.

6.Penutup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar